Rabu, 12 Maret 2014

PERSAINGAN HIDUP

Assalamu'alaikum Wr Wb..
PERSAINGAN
Persaingan identik dengan pertandingan tiada akhir antara dua atau lebih pelaku didalamnya, ada persaingan antar individu, persaingan antar kelompok, organisasi, instansi, daerah, propinsi, bahkan sampai antar negara juga terdapat persaingan demi membela individu atau kelompoknya. Untuk membatasi ulasan ini saya hanya mengupas dan memilih persaingan di tempat kerjaku yaitu SMAN 2 Kandangan, antara saya dengan teman atau SMAN 2 dengan SMA lainnya. Mungkin untuk sementara persaingan saya dengan teman sekerja dan temen dengan temen, baik itu masalah individu hidup ataupun masalah pekerjaan dan jabatan.
Di tempat kerjaku persaingan saya dengan temen seperti halnya antar temen dengan temen yaitu masalah pribadi dan pekerjaan serta jabatan, Banyak bahkan disetiap orang tidak ingin hidupnya susah sengsara tidak punya pendirian, semua ingin dihargai, senang, damai, rukun, kompak dan kerjasama dan tidak capai dengan bayaran atau gaji yang sesuai yang tidak berbeda dengan teman seprofesi. Sering kita lupa bahwa kemampuan tiap individu berlainan dan kelebihannya juga berlainan, contoh kecil ada yang bisa mengetik dilaptop ada yang tidak bisa, ada yang bisa internet ada juga yang anti internet, ada yang dapat mempengaruhi teman ada juga yang tidak, sebenarnya mudah untuk saling mengisi asal ada kemauan, yang tidak bisa ini ditutupi yang bisa, yang penting saling menghargai, soalnya satu temen yang tidak pernah dihargai selamanya akan pasip alias terserah apa adanya yang penting kerja.
Sebenarnya ditempat kerjaku termasuk santai karena tiap individu pasrah dengan jabatannya tidak ada yang protes, hanya sering ada temen sama-sama bawahan melihat temen menduduki jabatan diatasnya yang salah kaprah bahwa keberhasilan SMAN 2 adalah bersama bukan karena aku, atau karena si A dsb. Maka untuk itu memang berat tugas masing-masing bila tidak bersama alias tidak mungkin berhasil bila individu saja. Selama ini sudah baik porsi dan jabatan antar temen untuk memajukan sekolah dengan terbukti selalu nomor satu dibidang apa saja bila dibandingkan sekolah lain.
Saya sudah pasrah apapun jabatan saya yang selama ini jadi guru fisika saja, saya yang penting mengajar pas jamnya, sebenarnya guru fisika hanya 2 guru dan dapat jam banyak cukup untuk sertifikasi guru 24 jam  yang awal sertifikasi tahun 2006-2007. Karena persaingan dan ada guru serumpun sayapun tersingkir dalam pengusulan sertifikasi guru, dan waktu itu jam saya diambil oleh guru kimia yang sertifikasi sampai beberapa semester. dan akhir tahun 2009 saya mengajukan sertifikasi guru dan alhamdulillah lulus dan mulai itu saya ngajar 24 jam, Saat uang sertifikasi pertama turun saya daftar ONH suami istri yang tadinya daftar di HSS, karena porsi penuh dan lama menunggu sekitar 8 tahunan, maka saya dan istri daftar di jawa tengah tahun itu dan dapat porsi tahun 2013 berangkat, dan kami karena senang sudah jelas porsinya kami melunasi ONH pertengan 2013,  dan alhamdulillah kami sudah melaksanakan haji ke tanah suci Makkah.
Mudahan dengan pengalaman persaingan kerja yang mengalah belum tentu kalah yang menang belum tentu senang, semua tergantung individu masing-masing karena senang dan bahagia bukan diukur dari jabatan bahka bukan diukur dari perolehan rejeki, ada rejeki sedikit bersyukur ada yang rejeki banyak belum tentu bersyukur, sebenarnya bahagia itu diukur dari hati yang paling dalam, yang pandai bersyukur dan bersujud kepada Allah  setiap waktu.
Memang watak tabiat yang sudah ada dari kecil pada tiap individu susah diubah tapi dengan akal dan keimanan semua persoalan dunia dapat diselesaikan dengan bijak, hadapi cacian, fitnah dan persaingan negatif, serta jaga harga diri semampunya dan tetap menjaga kekompakan, kedamaian hidup serta kelancaran dan kehalalan mencari rejeki. Kalau dapat pengaruhilah orang atau teman yang menyimpang dari norma kehidupan bahkan yang menyimpang dari ajaran agamanya, agar sadar bahwa hidup adalah menabung amal, menanam dan memeliharanya agar berbuah manis.
Ya Allah lindungi saya dan teman saya seprofesi dan jauhkanlah  perpecahan, saling hina, fitnah, saling adu. Berilah kami kedamaian, kebersamaan, kekompakan kerja dan rejeki yang halal dengan ridho.Mu ,  amiiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar