ANALISIS KKM MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran : Fisika
Semester ` : 1
K e l a S : X
Tahun Pelajaran :
No. | SK | KD | INDIKATOR | KKM INDIKATOR | KKM KD | KKM SK | KKM MP |
1. 2 | 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik 3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik 4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi | 1.1 Mengukur besaran fisika ( massa, panjang dan waktu) 1.2 Melakukan penjumlahan vektor 2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan 2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan 2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan 3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif 3.2.Menerapkan alat-alat optik Alam kehidupan sehari-hari 4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat 4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor 4.3 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah | 1.1.1.Menyiapkan instrumen secara tepat serta melakukan pengukuran dengan benar berkaitan dengan besaran pokok panjang, massa dan waktu 1.1.2.Membaca nilai yang ditunjukan alat ukur secara tepat 1.2.1.Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang dan polygon 1.2.2.Menjumlahkan dua vektor yang segaris atau membentuk sudut secara grafis dengan menggunakan rumus kosinus 1.2.3.Menguraikan sebuah vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling tegak lurus 1.2.4.Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan cara analitis 2.1.1.Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan 2.1.2.Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan 2.1.3.Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan 2.1.4.Menganalisis grafik gerak lurus dengan percepatan konstan 2.2.1.Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan 2.2.2.Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif 2.2.3.Menganalisis besaran yang berhubungan antaran gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan 2.3.1.Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari 2.3.2.Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton dalam kehidupan sehari-hari 2.3.3.Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan 2.3.4.Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 3 Newton dalam kehidupan sehari-hari 2.3.5.Menerapkan hukum newton pada gerak benda pada bidang datar/miring dengan dan atau tanpa gesekan 2.3.6.Menerapkan hukum Newton pada gerak vertikal 2.3.7.Menerapkan hukum Newton pada gerak melingkar 3.1.1.Menganalisis pembentukan bayangan pada lup, kaca mata, mikroskop, dan teropong 3.1.2.Mendeskripsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropong 3.1.3.Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum 3.1.4..Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi 3.1.5.Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teropong 3.2.1.Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari 3.2.2.Merancang model teropong sederhana 3.2.3Membuat teropong sederhana 4.1.1.Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda 4.1.2.Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian) 4.1.3.Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda 4.2.1.Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konduksi 4.2.2.Menganalisis perpindahan kalor dengan cara konveksi 4.2.3.Menganalisis perpindahan kalor dengan cara radiasi 4.3.1.Menghitung kuantitas kalor dalam berbagai keadaan (suhu atau wujudnya berubah) 4.3.2.Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas 4.3.3.Menerapkan asas Black dalam peristiwa pertukaran kalor | 75 75 76 76 76 76 76 80 77 78 75 76 76 75 75 75 75 75 75 75 75 76 76 75 75 75 77 77 75 75 76 75 76 76 76 76 77 | 75 76 78 75 75 75 75 75 76 76 | 75 78 75 76 | 75 |
ANALISIS KKM MATA PELAJARAN FISIKA X
Mata Pelajaran : Fisika
Semester ` : 2
K e l a S : X
Tahun Pelajaran :
No. | SK | KD | INDIKATOR | KKM INDIKATOR | KKM KD | KKM SK | KKM MP |
1. 2 | 5. Menerapkan konsep kelistrikan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi 6. Memahami konsep dan prinsip gelombang elektromagnetik | 5.1Menggunakan alat ukur listrik5.2. Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop) 5.3Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari6.1.Mendeskripsika pektrumgelombang elektromagnetik 6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari | 5.1.1.Menggunakan voltmeter dalam rangkaian 5.1.2.Menggunakan amperemeter dalam rangkaian 5.1.3.Menggunakan multimeter dalam rangkaian 5.2.1.Memformulasikan besaran kuat arus dalam rangkaian tertutup sederhana 5.2.2.Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri 5.2.3 .Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum Kirchoff I dan II 5.3.1..Mengidentifikasi penerapan arus listrik searah dalam kehidupan sehari-hari 5.3.2..Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari 5.3.2..Mengidentifikasi upaya penggunaan energi listrik secara hemat 6.1.1..Mendeskripsikan contoh pemanfaatan gelombang elektromagnetik 6.1.2..Mengidentifikasi karekteristik spektrum gelombang elektromagnetik 6.1.3..Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang 6.2.1..Mengidentifikasi penggunaan gelombang elektromagnetik (seperti infra merah, ultra violet, sinar laser, dan lain-lain) dalam komunikasi, kesehatan dan industrri 6.2.2..Mendeskripsikan manfaat dan bahaya beberapa spektrum gelombang elektromagnetik Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi/panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon dan lain-lain | 75 76 76 75 75 76 76 75 76 75 75 75 75 75 | 75 75 75 75 75 | 75 75 | 75 |
Kandangan, .....
Menyetujui :
Kepala Sekolah, Guru Fisika,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar