Sabtu, 30 Agustus 2014

MASA-MASA DI SMADA

Assalamu'alaikum wrwb Masa di Smada Saya dikerjakan di smada tanggal 01 Maret 1990 sampai 14 september 2014 jadi tentunya ada dan yang diingat saat-saat di smada kdg. Saat pertama kerja jadi cpns 2 tahun saya masih single dan sangat menyukai kerjaan guru saat itu selalu siap mengisi jam kosong di jurusan dan kelas apa saja saya selalu siap ngajar saat tidak ada gurunya, bahkan sorepun saya turun untuk ekstrakurikuler dan alhamdulillah selalu fit alias sehat mungkin karena sendirian alias single saya sibukkan diri terutama disekolahan, kalau sore saat tidak ada kegiatan saya imut bisa volly ball, sepak bola, basket, tennis meja, batminton, tenis lapangan dsb. malahan dayung pernah alias lanting/arum jeram yang mengikuti arus sungai amandit dari loksado ke kandangan tahun 1992, sungguh sangat berkesan karena sebelumnya nginap diloksado di ketua RT yang anaknya murid kami smada. Saya pernah ikut napak tilas dua kali dan yang kedua kebetulan saya pembina PMR mengirim 8 regu sangat semangat walau jalan kaki dari telaga langsat ke durian rabung padang batung lalu ke tanuhi loksado, itu juga sangat berkesan maklum masih muda. Juga saya bersepeda ria ke gua/masuk gua telaga langsat di desa mandala sekalian rekreasi ke danau mandala disana berjukung dan menikmati pemandangan dan saat itu karena daerah rekreasi tentunya sangat ramai pengunjung dan mulai tahun 2008 lokasi ditutup lalu dijadikan pondok modern Al Baladul Amin HSS, pada tahun sama juga bersama siswa-siswa ke gua/masuk gua di gunung pagat di Barabai, itu semua sangat sangat menyenangkan. Pencapaian saya di PMR pertama juara umum Jumbara PMR/PMI se kalsel di lap.koramil telaga langsat, lalu berekreasi 6 mobil ke takisung tim PMR tersebut. Untuk saya dibidang lain yaitu anggota tim sepakbola PGRI HSS saat itu final dilap.binuang tapin antara PGRI HSS vs PGRI Tabalong dan terjadi adu finalti karena satu sama. Dan saat pinalti saya salah satu algojonya dan alhamdulillah tembakan saya masuk kedudukan 4-3 karena hss satu tidak masuk tabalong dua tidak masuk dan akhirnya kita menang piala ada di smasa kdg. Selanjutnya untuk tour/rekreasi bersama guru-guru smada selama di smada antara lain ke kalimantan timur balikpapan dan samarinda, sedang di kalsel ke tanjung ( tanjung puri dan lap.pertamina ) ke banjarmasin ( mitra, duta mall, ramayana, sabilal mutadin, water boom,pulau kembang), banjarbaru+martapura (riam kanan-pulau pinus, kalampian sekumpul, pasar martapura, musium, kolam renang ) pelaihari ( takisung, batakan, pasar/kota pelaihari )Rantau margasari ( kolam renang, pasar, pelabuhan margasari ) Marabahan ( pasar, pelabuhan ) Barabai ( pagat, waki, air panas, pasar ) Amuntai ( pasar, patung kerbau+itik)dan kota lain yang dilallui. Kebetulan saya ikut persatuan tenis lapangan bertanding ke mana-mana termasuk ke benua enam tersebut dan banjarmasin di lapangan indoor,pelaihari, banjarbaru martapura, marabahan lalu ke Kapuas Kalteng. Kesan saya selanjutnya yaitu saya pernah jadi bapak asuh anak kurang mampu yaitu Tomito Susanto ikut saya 2 tahun saat kelas 2 dan 3 sma atau kalau sekarang saat kelas XI dan XII, karena tidak ada biaya kuliah dan kebetulan ada prioritas kalsel 8 siswa akan di terima di AD yaitu TNI angkatan darat di Magelang yang selama bertahun-tahun tidak pernah kalsel masuk ke AD. maka Tomito tersebut ikut berkompetisi dan yang jadi wali adalah saya untuk semua berkas pendaftaran saya yang tanda tangan. Dan alhamdulillah lancar dan diterima di TNI AD di Magelang sampai lulus dan sekarang diatas kolonel pangkatnya. Saya lulusan diploma lalu saya kuliah lagi di UT yaitu universitas terbuka di Jakarta dan lulus tepat dua tahun dan wisuda dijakarta yang lulus fisika sarjana seluruh indonesia tercepat 2 tahun bertiga termasuk saya walau ip pas-pasan, alhamdulillah. Lama tidak berperan bertahun-tahun dan tahun 2011 saya ditugasi untuk pembimbing olypiade fisika tingkat kabupaten dan alhamdulillah berkat soal latihan yang kuberi lewat file atas nama Kholid juara satu tk.kab. lalu tahun berikutnya juga saya pembimbingnya atas nama Alpian juga juara 1 tk,kab. sedang terakhir 2014 tidak dapat. Dalam segi tehnologi saya mengusulkan siswa boleh bawa Hp yang selama ini dilarang, sedang bidang bangunan saya sudah usul 4 kali selama 4 tahun pada tiap rapat bahwa mushala smada perlu dibangun untuk meningkatkan imtaqnya. masalah setuju atau tidaknya saya serahkan keforum. Itulah kisah yang saya ingat dan saya senang karena sudah berbuat untuk smada. Saya hanya mengingat yang baik, sedang yang buruk saya buang jauh-jauh dan saya tidak mengingat lagi. Mudahan Allah mengetahuinya. Trimakasih Wassalam.

3 komentar:

  1. Tahun 2013 bagiku sangatlah berkesan dan tidak akan kulupakan sepanjang hayatku antara lain ;

    1. Saat tahun baru 2013 saya dan anakku yg ragil bertamasya ke jawa madura dan Bali yaitu ke Surabaya ( sunan Ampel ), Madura (Jembatan suramadu), Jogja ( Maliobaoro, Prambanan, Borobudur, G.Merapi ) lalu di Bali Denpasar di Nusa dua, Danau Badugul, Pantai Kute, Tanah Lot, Sanggar Seni, dll. dan yang berkesan saat tahun barunya di pantai Kute.

    2. Petengahan tahun 2013 dapat gaji ke 13 lalu saya tamasya ke jawa yaitu ke Jakarta ( Ancol, Mangga dua Makam kebun Karet/ust Jefri dan monas) lalu ke Bogor ( masjid raya, Taman Safari ) lalu ke B andung ( gedung sate, kawah putih, kampung stroberi )

    3. Bulan September tanggal 27 saya dan istri berangkat Haji kloter 44 SOC Solo, dan di Makkah 20 hari setelah melaksanakan haji tgl 15 Oktober 2013, lalu ke Madinah melaksanakan sholat arbain 40 waktudan Ziarah selama 8 hari dan 2 hari di Jedah rekreasi ke laut merah , lalu pulang ketanah air Indonesia tgl 8 Nopember 2013,lalu istirahat dikeluarga Kudus Jateng berkenduri, lalu ke keluarga Temanggung jateng juga kenduri. tanggal 15 Nop pulang kalimantan

    4. tgl 15 sore sampai bandara samsudin noor lalu nginap di losmen Ulin di saudara saya letaknya di jln A yani bundaran dekat masjid jami’ Banjarbaru, lalu paginya ke kota kerjaku Kandangan dan sampai rumah tgl 16 Nopember 2013 lalu berkenduri/besaruan, tgl 18 masuk kerja, tgl 19 nop ultahku bagi-bagi oleh-oleh dari tanah suci ke tetangga dan teman kerja sekantor, alhamdulillah selamat karena berkat doa-doa saudara, tetangga dan teman.

    5. Desember terima gaji yg belum kita ambil selama kutinggalkan dan alhamdulillah sertifikasi guru juga belum kuambil per september di tambah per desember.

    6. angka 13 menurut orang adalah angka keramat, angka sial, tapi bagiku Allah menciptakan waktu hari dan tahun adalah sama sehingga aku percaya bahwa tiap orang akan untung atau sangat berkesan pada angka waktu dan jumlah yang Allah berikan pada hambaNya.

    7. ya Allah dengan rahmatMu saya sangat bersyukur dan mudahan dengan ini akan lebih dekat denganMu ya Allah, lindungi kami keluarga kami, saudara, tetangga dan teman kami serta negara serta dunia ini.

    BalasHapus
  2. pada ajaran 2014/2015 saya kena mutasi dari SMAN 2 Kandangan ke SMA IBNU MAS"UD PUTRI dimana merupakan pondok pesantren yang didalamnya ada SMP dan SMA yang sebenarnya pondok pertama dan utama dan satu-satunya pondok pesantren putri yang ada SMP dan SMA dan sejak tahun 90 an sudah mengangkat nama HSS ke dunia pendidikan terutama yang alumni yang lulus terbaik pada jurusan itu. dengan diterbitkannya dikoran Kalteng dengan judul SMA berprestasi minim siswi.
    Saya pindah ke SMA IBNU MAS'UD PUTRI tepatnya tanggal 14 Juli 2014 untuk penyegaran dan sesuai dengan hati saya yang ingin mengenal pondok apalagi saya baru saja melaksanakan ibadah haji tahun 2013 dan sekaligus bergaul dan belajar dengan ulama dan pimpinan pondok pesantren tersebut agar dapat mencontoh dan mengamalkan ilmu islam secara benar. Saya masuk setelah libur puasa dan masuk ajaran baru tanggal 14 Agustus 2014 di SMA yang baru, walaupun swata tapi saya merasa cocok untuk menerapkan ilmu dunia yaitu ilmu fisika yang saya ampu selama ini, mudahan ilmu yang saya sampaikan sesuai dan standar ilmunya anak SMA.
    Keuntungan saya dimutasi ;
    1. Karena kehendak Allah SAW agar saya merenungkan diri
    2. Saya dihijrahkan ke tempat yang cocok agar bermanfaat dunia akhirat
    3. Menghilangkan persaingan dunia baik rejeki maupun jabatan yang sering salah paham
    4. Ditempat SMA yang baru ajaran 2014/2015 saya ngajar X = 9 dan XI = 4 tatap muka dan wakasek kesiswaan(=12 ) total 25 jam tatap muka, sedang saat ajaran 2013/2014 di SMAN 2 Kdg dan yang lalu-lalu saya ngajar X = 12 dan XI = 12 lintas minat Xips=3 serta kepala lab.Fisika ( =12 ) kalau ditotal 39 jam ngajar
    5. Dari nomor 4 jelas saya merasa untung mudahan beberkah, dan saya tidak menyesal saat di SMAN 2 Kdg malahan saya senang sebagai pengalaman hidup
    6. Saya tetap mendapat setifikasi guru baik sekarang yg 25 jam tatap muka atau dulu yg 39 jam tatap muka, alhamdulillah
    Demikian saya bahas agar menjadi tauladan hidup oleh saya maupun yang lain, mudahan bermanfaat dan mendapat ridha Allah SAW, amiin

    BalasHapus
  3. 7. Saya ditempat sekolahan yang baru sambil kuliah S2 jurusan Magister Manajemen konsentrasi Pendidikan di STIE Pancasetia Banjarmasin berakriditas B bersama 26 teman seHSS yang berijiin Sekda HSS. Alhamdulillah masuk tahun 2014 dan lulus tahun 2016 dan wisuda oktober 2016, ya Allah trimakasih hijrahku membawa berkah mudahan ilmunya barokah. Saya saat kuliah Jumat Sabtu Minggu minta ijin kepsek sehingga ngajarnya di hari Senin s.d Kamis. Dan sekarang tambah gelar H Ariyadi SPD MPD alhamdulillah sebagai motivasi anak dan alhamdulillah anaku nomor satu tahun 2016 lulus sarjana Fisika di ULM Banjarmasin dan dapat gelar SPd lengkapnya Dandan Wicaksono SPd

    BalasHapus