RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/Dua
Peminatan : MIA
Materi
Pokok : Elastisitas
dan Gaya Pegas
Alokasi
Waktu : 4 x 3 JP
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan
Indikator
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.6
Menganalisis sifat elastisitas
bahan dalam kehidupan sehari hari
Indikator:
·
Menjelaskan
karakteristik benda elastis dan tidak elastis
·
Menentukan tegangan, regangan, dan modulus elastisitas
·
Menentukan konstanta pegas melalui percobaan Hukum Hooke
·
Menyimpulkan
percobaan Hukum Hooke
·
Menentukan konstanta pegas susunan seri dan susunan paralel
·
Menyimpulkan percobaan susunan seri dan susunan paralel pegas
4.6
Mengolah dan menganalisis hasil
percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan
Indikator:
·
Melakukan percobaan Hukum Hooke
·
Mengolah dan
menyajikan data percobaan hukum Hooke
·
Menyajikan hasil
percobaan hukum Hooke
·
Melakukan percobaan susunan seri dan paralel pegas
·
Mengolah dan
menyajikan data percobaan susunan seri dan paralel
pegas
·
Menyajikan hasil
percobaan susunan seri dan paralel pegas
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
proses mencari informasi, menanya, dan berdiskusi siswa dapat memahami
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural tentang elastisitas dan gaya pegas serta mampu membangun sikap ilmiah dan
keterampilan prosedural melalui proses mencoba, mengasosiasi dan
mengomunikasikannya dalam presentasi dan laporan tertulis
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
·
Benda yang elastis: karet,
pegas, kayu, besi, dan lain-lain
·
Benda yang tidak elastis: plastisin, pasir, dan lain-lain
Konsep
·
Pengertian elastisitas
·
Tegangan, regangan,
dan modulus elastisitas
·
Konstanta
pegas
Prinsip
·
Hukum Hooke
·
Susunan
seri dan paralel pegas
·
Energi
potensial pegas
Prosedur
·
Percobaan
Hukum Hooke
·
Percobaan Susunan Pegas
E. Metode
Pembelajaran
·
Demonstrasi
·
Eksperimen
·
Diskusi kelompok
·
Tanya jawab
F.
Media, Alat dan Sumber Belajar
·
Media : cetak dan elektronik (internet)
·
Alat : karet, neraca
pegas, pegas,
mistar, statif, beban.
·
Sumber Belajar: buku pegangan Fisika jilid 1, Buku Fisika Penunjang
Aktivitas Peserta didik, mechanics 1 dan 2,
dan hands out
G. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
kompetensi (KD) sebelumnya tentang gerak melingkar
·
Menjelaskan kaitan
elastisitas dengan hukum Newton (KD sebelumnya) dan gerak getaran (KD yang
akan datang)
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Bertanya dan
menagih secara lisan tugas baca mencari informasi tentang elastisitas melalui berbagai sumber (buku, internet,
atau modul)
·
Melaksanakan pretes
tentang karakteristik benda elastis
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Peserta
didik menyimak peragaan menarik pegas, karet, dan
plastisin serta menjawab pertanyaan sifat
elastis dan sifat plastis
· Guru menilai
keterampilan peserta didik mengamati
Menanya
·
Siwa mendiskusikan
sifat benda elastis, batas elastisitas, pengaruh gaya terhadap benda benda elastis
Mencoba
· Peserta
didik dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing terdiri atas 4 orang
· Peserta
didik dalam kelompok diminta untuk menarik dua karet
berbeda jenis, kemudian membandingkan kekuatannya, mana yang lebih kuat
· Peserta
didikmencermati demonstrasi percobaan. Perwakilan kelompok mencatat hasil
bacaan panjang pegas/karet awal, pertambahan panjang,
dan skala pegas.
· Masing-masing
kelompok diberikan dua masalah yang dapat diselesaikan dengan hukum Hooke
· Guru menilai sikap peserta
didik dalam kerja kelompok dan membimbing/menilai menilai keterampilan
mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan peserta
didik menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah
Mengasosiasi
· Peserta
didik menyimpulkan hubungan antara perubahan panjang
dengan besar gaya (skala pegas). Kegiatan
dilakukan untuk pegas lain yang berbeda
· Masing-masing
kelompok berdiskusi menghitung konstanta pegas
untuk kedua pegas/karet, kemudian menyimpulkan
kaitan antara kuat lemahnya karet/pegas dengan besar
kecilnya konstanta pegas
· Guru
membimbing/menilai kemampuan peserta didik mengolah data dan merumuskan
kesimpulan
Mengomunikasikan
· Perwakilan
dari dua kelompok menyampaikan hasil hitungan dan kesimpulan diskusi
· Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah
· Guru menilai
kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan karakteristik benda elastis dan hukum Hooke
·
Memberikan tugas baca tentang modulus elastisitas
dan susunan pegas
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·
Menagih dan
mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
·
Melaksanakan pretes
tentang modulus elastisitas dan susunan pegas
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengamati
dan Menanya
·
Dua orang peserta
didik dari kelompok berbeda diminta untuk memaparkan hasil tugas baca tentang stress, strain, dan modulus elastisitas
Mencoba
· Kelompok
diminta untuk mencoba menarik satu karet, kemudian
menarik tiga karet yang disusun seri,dan tiga karet yang disusun paralel.
· Setiap
kelompok diberikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan elastisitas dan susunan pegas
· Kelompok
mendiskusikan pemecahan masalah modulus elastisitas
dan susunan pegas seri/parallel
· Guru menilai sikap peserta
didik dalam kerja kelompok dan kemampuan menerapkan konsep dan prinsip dalam
pemecahan masalah dan keterampilan mencoba instruksi kerja
Mengasosiasi
· Kelompok
mendiskusikan hasil kegiatan tentang hubungan antara susunan
pegas dengan kekuatan pegas yang dirasakan
· Dengan
fasilitasi guru, peserta didik merumuskan konstanta
pegas seri dan parallel
· Guru menilai
keterampilan mengolah dan menalar
Mengomunikasikan
· Perwakilan
kelompok memaparkan hasil diskusi pemecahan masalah
· Guru menilai
keterampilan menyaji dan berkomunikasi
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan modulus
elastisitas dan susunan pegas
·
Memberikan tugas baca lembar kerja praktik yang akan datang
·
Melaksanakan postes
|
15 menit
|
Pertemuan
Ketiga
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
pretes dan postes pertemuan sebelumnya
·
Menagih dan
mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran
|
20 menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Peserta
didik membaca kembali lembar kerja praktik
Menanya
·
Memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang prosedur/langkah kerja
praktik yang perlu dikonfirmasi
Mencoba
· Peserta
didik dibagi dalam kelompok, masing-masing terdiri dari 4 orang peserta didik
· Peserta
didik bekerja dalam kelompok sesuai langkah kerja dalam lembar kerja untuk
mendapatkan data
· Guru menilai
keterampilan menggunakan alat, mengolah, dan menyaji data, serta kejujuran
dan ketelitian dlam memperoleh data, serta kerjasama dalam kelompok
Mengasosiasi
· Kelompok
mendiskusikan penyajian dan pengolahan data serta menyiapkan bahan presentasi
kelompok
· Guru menilai
kerjasama dan tanggungjawab peserta didik dalam kerja kelompok
Mengomunikasikan
· Dua
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
· Guru
menanggapi hasil presentasi untuk memberi penguatan pemahaman dan/atau
mengklarifikasi miskonsepsi
· Setiap
peserta didik menyiapkan laporan hasil praktikum dengan perbaikan dan
penyempurnaan berdasarkan hasil diskusi
· Peserta
didik menyerahkan laporan praktikum melalui email, sedangkan laporan cetaknya
dikumpulkan tiga hari kemudian.
· Guru menilai
keeterampilan menyaji dan menalar, serta kesantuan dan kemampuan
berkomunikasi
|
100 menit
|
Penutup
·
Bersama peserta didik menyimpulkan kembali hasil praktik dan mengingatkan
pentingnya kecermatan, ketelitian, keuletan, dan kejujuran dalam memperoleh,
menyajikan, mengolah, dan menganalisis data, serta pentingnya kerjasama,
kolaborasi, dan komunikasi dalam kerja kelompok
·
Memberikan tugas presentasi penerapan elastisitas
dalam kehidupan dan teknologi dan persiapan mengikuti tes tertulis (Ulangan
harian) pada pertemuan yang akan datang
|
15 menit
|
Pertemuan
Keempat
Rincian Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Merefleksi hasil
laporan praktik yang sudah terkumpul
·
Menagih dan
mengingatkan tugas baca
·
Menyampaikan tujuan
pembelajaran melalui presentasi
|
20 menit
|
Kegiatan
Inti
Mengomunikasikan
· Dua
orang peserta didik dari kelompok berbeda yang dipilih secara acak diminta
untuk mempresentasikan tugasnya
· Peserta
didik lain dari kelompok berbeda bertanya dan menanggapi presentasi
· Satu
peserta didik diminta menyampaikan refleksi pengalaman belajar tentang elastisitas
· Guru menilai
kemampuan menyaji dan menalar, serta komunikasi
|
60 menit
|
Penutup
·
Peserta didik melaksanakan tes tertulis ulangan harian
·
Memberikan tugas baca untuk pertemuan berikutnya tentang
fluida
|
55 menit
|
Penilaian
1.
Mekanisme dan
prosedur
Penilaian
dilakukan dari proses dan hasil. Penilaian proses dilakukan melalui observasi
kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis. Sedangkan penilaian
hasil dilakukan melalui tes tertulis.
2.
Aspek dan Instrumen
penilaian
Instrumen
observasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada aktivitas dalam
kelompok, tanggungjawab, dan kerjasama.
Instrumen
kinerja presentasi menggunakan lembar pengamatan dengan fokus utama pada
aktivitas peran serta, kualitas visual presentasi, dan isi presentasi
Instrumen
laporan praktik menggunakan rubrik penilaian dengan fokus utama pada kualitas
visual, sistematika sajian data, kejujuran, dan jawaban pertanyaan.
Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian dan/atau pilihan ganda
3.
Contoh Instrumen
(Terlampir)
Kandangan, ..... …
Mengetahui Kepala
SMAN 2 Kandangan Guru Mata Pelajaran Fisika
.................................. H.Ariyadi,
SPd
NIP. NIP.196511191990031009
Catatan Kepala
Sekolah
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
a.
Lembar Observasi dan
kinerja presentasi
LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI
DAN KINERJA PRESENTASI
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Program : X/MIA
Kompetensi : KD 3.6 dan 4.6
No
|
Nama Peserta didik
|
Observasi
|
Kinerja Presentasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
Akt
|
tgjwb
|
Kerjsm
|
Prnsrt
|
Visual
|
Isi
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
|
Abdus
Shamad
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
|
Dandan Wicaksono
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
100
|
3.
|
Nugroho Prayogo
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
100
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
pengisian skor
1. Kurang 2. Cukup tinggi 3. Tinggi 4. Sangat tinggi
a. Pretes/postes
Pretes/Postes
Pertama
A.
Berilah tanda ceklist
pada kolom Benar atau Salah
No
|
Pernyataan
|
Benar
|
Salah
|
1.
|
Dalam keadaan apapun benda elastis pasti kembali
ke bentuk semula
|
|
|
2.
|
Karet selalu bersifat elastis
|
|
|
3.
|
Batang kayu selalu bersifat plastis
|
|
|
4.
|
Satuan stress identik dengan Pascal
|
|
|
5.
|
Kekuatan pegas dinyatakan dengan konstanta pegas
|
|
|
6.
|
Menurut Hooke makin besar gaya pegas, makin
besar pertambahan panjangnya
|
|
|
A. Jawablah
petanyaan berikut ini
1.
Sebuah pegas
mula-mula panjangnya 20,0 cm, ditarik dengan gaya 2,1 N panjangnya menjadi 23,0
cm. Berapa besar konstanta pegas? Berapa besar gaya pegas saat panjang pegas
yang ditarik menjadi 25,0 cm?
.................................................................................................................................................................................................... Contoh Tes Uraian
1. A
sign (m = 200 kg) hangs from the end of vertical steel girder with
cross-sectional area of 0.5 cm2 and 50 cm of length. The additional
of length is 2.5 cm in this situation
a. What
is the strain and stress on the girder?
b. Calculate
the modulus Young!
2. Perhatikan
data percobaan berikut
Perhatikan
data percobaan tentang pegas yang diberi beban (g = 10 m.s-2).
Perc.
|
Mass (gram)
|
Panjang pegas (cm)
|
1)
|
50
|
32.0
|
2)
|
100
|
34.5
|
3)
|
250
|
42.0
|
4)
|
x
|
45.0
|
a. Berapa
konstanta pegas (k)!
b. Perkirakan
nila x pada percobaan ke 4!
3. Sebuah
pegas mula-mula panjangnya 27,0 cm. Ketika diberi beban 100 gram panjang pegas
menjadi 29,5 cm. Berapa panjang pegas jika masa beban yang digantungkan 170
gram?
b. Lembar Kerja Praktik
1.
|
2.
Susun alat seperti
gambar
3.
Baca skala yang
ditunjukan mistar pada bagian bawah beban pd posisi awal (Lo)
4.
Ambil satu beban dan
catat masanya (m), kemudian baca skala pd mistar (L)
5.
Lakukan percobaan
dengan terus menerus mengambil masa beban. Lakukan pengukuran dengan cermat dan
teliti. Kemudian masukan data percobaan ke dalam tabel berikut ini
Data
Percobaan
Mo
= ................ kilogram
Lo
= .................meter
Perc Ke
|
Total masa yang diambil
(m)
|
Bacaan Mistar
(L)
|
1.
|
0
|
|
2.
|
0,02
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
6.
Buatlah grafik dengan
m sebagai sumbu x dan L sebagai sumbu y
7.
Jawablah pertanyaan
berikut ini
a.
Tuliskan persamaan
grafik yang terbentuk
b.
Hitung gradiennya
c.
Amati data percobaan,
kemudian hitung besar konstanta pegas (k)
d.
Tentukan titik potong
sumbu X (Xo) dan titik potong sumbu Y (Yo)
e.
Jika sebuah tetapan Q
= grad x k, hitunglah nilai tetapan Q!
Catatan:
Kontrol
ketelitian dan kejujuran data adalah: grafik berbentuk turun, gradien negatif
dan nilai Q mendekati nilai percepatan gravitasi.
8.
Buatlah laporan
praktik dengan struktur seperti berikut. Gunakan laptop/komputer atau
kalkulator (scientific calculator) untuk
mendapatkan grafik dan persamaan garis yang akurat. Kirim laporan melalui email
ardi.saje@ymail.com
Struktur
laporan adalah sebagai berikut
a. Judul
b. Tujuan
c. Landasan teori
d. Alat dan bahan (sertakan
dengan gambar atau foto)
e. Langkah kerja
f.
Data percobaan
g. Jawaban pertanyaan
h. Kesimpulan
i.
Referensi
FORMAT
PENILAIAN LAPORAN PRAKTIKUM
(PORTOFOLIO)
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Peminatan : X/MIA
Materi Pokok : Elastisitas
dan Gaya Pegas
No
|
Nama Peserta
didik
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
rata-rata
|
Nilai
|
|||||
Visual
|
Ketelitian
|
Kejujuran
|
Penyajian Data
|
Jawaban Pertanyaan
|
|||||
1.
|
Raghina Nazihah
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3,33
|
83
|
2.
|
M.Amin Ridho’i
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
100
|
3.
|
Dandan Wicaksono
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
100
|
4.
|
Nugroho Prayogo
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
24
|
100
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|